BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Majunya teknologi dan industri dewasa ini merupakan suatu
tantangan pada dunia pendidikan di negara kita . Perkembangan itu dapat
mempengaruhi perkembangan kurikulum dan tehnik-tehnik mengajar. Sekolah
Menengah Atas ( SMA ) mempunyai peran sangat penting dalam pembangunan bangsa
dan Negara Indonesia. Pada Sekolah Menengah Atas dipersiapkan sebagai genarasi muda bangsa yang
dapat memikul tugas dan tanggungjawab untuk memajukan bangsa dan Negara seperti
yang diamanatkan dalam
Garis-garis Besar Haluan Negara ( GBHN )
A. Masalah
Dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran, maka unsure guru, metode,
sarana-prasarana dan media pendidikan perupakan unsur yang sangat penting dalam
proses pembelajaran agar dapat mencapai ketuntasan bahkan dapat mencapai tujuan pendidikan . Dunia
pendidikan dewasa ini menuntut para
pengajar atau guru untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada. Oleh
karena itu proses kegiatan belajar mengajar harus dapat dilaksanakan secara
terpadu antara metode, sarana dan prasarana, alat dan media pendidikan serta
lingkungan tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
A. Rumusan Masalah
Berdasarkan pembahasan pada latar belakang masalah diatas, maka dapat
dirumuskan masalah-masalah yang dihadapi
diantaranya sebagai berikut :
1. Bagaimanakah guru-guru SMA Negeri 71 Jakarta dapat mengoptimalkan media pembelajaran yang
dimiliki untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan ?
2. Bagaimanakah ketrampilan / kemampuan guru-guru SMA Negeri 71 Jakarta dapat
memanfaatkan media elektronik yang
dimiliki untuk dapat merangsang minat belajar siswa ?
Bab 2
KAJIAN
TEORI DAN ANALIS MASALAH
A. Hakekat Media Pendidikan
Pengertian media mendidikan adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan dan dapat merangsang
pikiran, perasaan dan kemauan siswa
untuk belajar sehingga akan terjadi proses pembepalajarn dengan baik pada
siswa
A. Fungsi Media Pendidikan
Pada hakekatnya kegiatan pembelajaran
( proses belajar-mengajar ) adalah komunikasi dan kaitan belajar mengajar di kelas
merupakan dunia komunikasi terdiri dari guru dan siswa bertukar fikiran untuk
mengembangkan ide pengertian. Seperti yang kita ketahui bahwa media
pendidikan akan menjadi alat yang efektif untuk
berkomunikasi untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien. Oleh karena itu media
pendidikan mempunyai fungsi dan peranan
sebagai berikut :
Ø Menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran
Ø Memperjelas informasi yang diberikan guru dalam proses
pembelajaran secara tatap muka.
Ø Memberikan informasi tambahan yaitu melengkapi atau
memperkaya informasi yang diberikan guru dalam kegiatan pembelajaran dengan
tatap muka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar