Rabu, 25 Maret 2015

Fungsi Teknologi Informasi dalam Pendidikan



Pengembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan penting dalam perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad ke-21 diyakini akan menjadi abad baru yang disebut era informasi dengan ciri khas memanfaatkan peralatan elektronik. Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran paradigma strategis pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju informasi.
Dari berbagai peranan TIK salah satunya yaitu peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak mungkin lagi mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang diperoleh selama mengikuti pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger sekolah atau buku induk sekolah , begTIu pula pekerjaan sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan komputer. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK terutama internet biasa disebut e-education.

Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia pada masa yang mendatang hubungannya dengan perkembangan TIK sebagai berikut :
1.      Berkembangnya pendidikan terbuka dengan cara belajar jarak jauh (distance learning). Untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasuka sebagai strategis utama pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet secara maksimal dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat bahkan meningkatkan kualTIas pendidikan.
2.      Terjadinya berbagi sumber daya (sharing resource) antara lembaga pendidikan dan pelatihan
3.      Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya misalnya guru dan laboratorium berfungsi sebagai fasilTIator bukannya sumber informasi.
4.      Penggunaan perangkat informasi interaktif seperti CD-ROM multimedia yang secara bertahap akan menggantikan fungsi papan tulis.
5.  Pelaksanaan pembelajaran sudah mulai berbasis TI yang bukan hanya pada penggunaan media Powerpoint, tetapi juga penjelajahan di dunia maya atau internet.
6.   Pengolahan  data dan pengolahan nilai dari mulai ulangan harian sampai dengan seluruh hasil evaluasi.
7.  Pengolahan dan pengiriman data-data yang dibutuhkan oleh lembaga terkait baik dari kementrian, Dinas Pendidikan, Suku Dinas sampai dengan  Kecamatan.

Manfaat internet bagi bidang pendidikan di Indonesia antara lain akan mendapatkan akses keperpustakaan, direktori sekolah, para pakar dapat melalukan perkuliahan secara online, penyediaan sarana informasi akademik lembaga pendidikan secara online dapat melaksankan kerjasama dengan lembaga lain melalui internet serta melakukan marketing dan promosi hasil karya penelTIian secara lebih efisien. Disamping itu kita dapat merancang program artificial intelegence untuk membuat sebuah model rencana pengajaran.
Perkembangan TIK di bidang pendidikan memungkinkan mengurangi pemanfaatan kertas-kertas sebagai sarana, dengan melakukan kegiatan berbasis TI. Diantaranya adalah dengan merancang dan melakukan evaluasi online seperti yang dicobakan tahun ini melalui Ujian Nasional Online.  Berbagai informasi dapat dilakukan tanpa kertas, tetapi dengan mengakses internet.
Dengan demikian fungsi / manfaat TIK dalam pendikan khususnya yang dapat mengembangkan adalah  :
1.   PPDB  berbasis TI, terutama dalam penyebaran informasinya.
2.   Pendataan siswa dengan semua data yang diperlukan baik untuk sekolah maupun instansi terkait.
3.   Pelaksanaan  Evaluasi berbasis online ( dapat menekan biaya kertas dan efektif tenaga )
4.   Pelaksanaan Try out untuk semua siswa berbasis online.
5.   Penyampaian berbagai informasi berbasis internet  melalui WEBB.
6.   Administrasi pembelajaran berbasis TI
7.   Pelaksanaan pembelajaran berbasis TI


Sedemikian  besarnya peranan dan pentingnya  TI dalam dunia pendidikan  yang tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan dan disiapkan oleh semua guru dan semua tenaga administrasi. Karena ketrampilan dan penguasaan TI membutuhkan ketrampilan khusus dan orang khusus. Oleh karena itu setiap lembaga membutuhkan  tim pengembang  TI, yang dikenal dengan Tim TI termasuk  sekolah.





                                                                                    Jakarta,  Maret 2015




Tidak ada komentar:

Posting Komentar